D
alam kamus telah dijelaskan apa definisi dari proyek adalah ‘suatu rencana yang spesifik atau disain dari suatu aktifitas’. Satu aspek kunci dari proyek adalah pekerjaan yang tidak rutin: pekerjaan yang dilakukan secara berulang – ulang dari waktu kewaktu tidak dapat dikatakan sebagai proyek. Pertamakali anda melakukan pekerjaan rutin akan tampak seperti mengerjakan proyek. Di lain hal proyek membangun suatu sistem yang mirip dengan yang sebelumnya telah anda kerjakan dan mempunyai banyak elemen aktifitas rutin.
Kita dapat simpulkan karakteristik kunci yang dari proyek yang berbeda sebagai berikut:
> Aktifitas rutin yang terlibat;
> Perencanaan yang dibutuhkan;
> Tujuan yang spesifik agar dapat sesuai dengan produk yang dibuat;
> Tentukan terlebih dahulu waktu untuk pengerjaan proyek (hal ini dapat mutlak atau relatif);
> Pekerjaan dikerjakan bersama orang lain selain anda sendiri;
> Pekerjaan melibatkan beberapa spesialisasi yang berbeda;
> Pekerjaan dilakukan dalam beberapa tahap;
> Sumber daya yang tersedia untuk mengerjakan proyek dibatasi;
> Proyek itu besar dan kompleks.
Umumnya faktor – faktor di atas merupakan pekerjaan yang telah teraplikasi, lebih sulit dan mendukung kesuksesan suatu proyek. Ukuran suatu proyek sangat penting. Jangan menjadi terkejut ketika suatu proyek yang melibatkan lebih dari 200 orang personel lebih sulit di manajemen dari pada yang terlibat hanya dua atau tiga orang.
Akan tetapi proyek besar atau kecil pada dasarnya kunci dasar perencanaannya relatif sama.
Sumber : Buku panduan kuliah STIKOM Surabaya.